Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Perkembangan E-Money

pembayaran tagihan online terbaik, pembayarana tagihan online di malang,perkembangan emoney

Perkembangan e-money dari hari ke hari kian pesat. Dimasa yang serba modern saat ini, penggunaan uang konvensional sudah mulai ditinggalkan. Munculnya budaya cashless membuat masyarakat berbondong-bondong untuk melakukan transaksi dengan menggunakan uang elektronik atau biasa disebut e-money. E-Money merupakan bentuk lain dari mata uang yang kita kenal selama ini. Walaupun perbedaan antara e-money dengan uang konvensional sangat mencolok, tidak ada perbedaan nilai tukar antara e-money dengan uang konvensional. Yang membedakan e-money dengan uang konvensional adalah fleksibilitas dan aksesibilitas e-money yang tanpa batas. Hal ini disebabkan karena basis transaksi e-money menggunakan sistem yang terhubung melalui aplikasi pembayaran online dan tanpa harus mempertemukan orang yang bertransaksi.

Dikutip dari wikipedia, uang elektronik atau yang biasa dikenal dengan e-money adalah adalah uang yang digunakan dalam transaksi Internet dengan cara elektronik. Uang elektronik memiliki nilai tersimpan atau prabayar, dimana sejumlah nilai uang disimpan dalam suatu media elektronik yang dimiliki seseorang. Media tersebut dapat berupa server atau chip.

Prinsip e-money sendiri pertama kali ditemukan pada 1983, sebuah research paper yang dibuat oleh David Chaum memperkenalkan ide “uang digital”. Namun ide tersebut masih belum dapat untuk direalisasikan. Kemudian perkembangan e-money berlanjut pada tahun 1997, perusahaan Coca-Cola yang pertama kali menawarkan transaksi dari vending machine menggunakan mobile payments, setelah itu barulah perusahaan layanan e-money yang terkenal hingga saat ini PayPal muncul ke public. Dan pada tahun 2008 muncul kurs tersendiri dari uang digital yang dinamakan Bitcoin. Dari sinilah muncul istilah digital currency dan virtual currency.

Di indonesia sendiri perkembangan e-money mulai tumbuh dengan pesat, Tahun ketahun pengguna e-money semakin meningkat. Saat ini juga terdapat banyak wirausaha online maupun Offline memanfaatkan e-money untuk melakukan transaksi pembayaran. Bahkan, fasilitas-fasilitas umum telah memperkenalkan e-money sebagai pembayaran tol, commuter line, transjakarta, parkir, dan masih banyak lagi.

Cara Kerja E-Money

Penggunaan e-money ini tidak memerlukan adanya proses otorisasi seperti halnya pemakaian pin atau tanda tangan, karena e-money tidak berkaitan langsung dengan rekening nasabah yang ada di bank. Penggunaan dari e-money tidak membebankan pembayarannya pada rekening bank, seperti halnya kartu kredit atau kartu debit. Sebagaimana prepaid yang lain, Anda juga bisa melakukan top up untuk kartu Anda tersebut.

Nasabah yang memiliki e-money dalam pecahan tertentu, misalkan Rp100 ribu (maksimal Rp1 juta) terlebih dahulu mendaftarkan e-money pada counter penerbit uang elektronik untuk aktivasi. Selanjutnya nilai uang reload yaitu diisi dan direkam pada media elektronik misalkan kartu yang dikeluarkan oleh bank, handphone, atau kartu prabayar.

Gerai ritel (merchant) yang diberi otorisasi sebagai tempat belanja akan mendebet sejumlah nilai sesuai transaksi. Setiap terjadi mutasi transaksi, komputer merchant yang terhubung ke jaringan penerbit e-money akan melakukan semacam perhitungan kliring. Sebagaimana kartu prabayar, pengguna juga dapat menambah atau mengisi ulang (top up) uang elektronik tersebut. Pemakaian e-money tak memerlukan proses otorisasi dan tidak terkait langsung dengan rekening nasabah di bank. Sehingga pembayaran yang dilakukan melalui e-money tidak dibebankan kepada rekening nasabah di bank.

Perkembangan E-Money Berdasatkan Jenisnya

Sampai saat artikel ini dibuat sudah terdapat dua jenis e-money yang dapat digunakan, yakni Prepaid Software dan Prepaid Card. Prepaid Software sering pula disebut dengan digital cash, merupakan e-money yang nilainya tersimpan dalam hard disk didalam sebuah PC. Untuk pemindahan dananya melalui jaringan internet.

Prepaid card sering pula disebut sebagai electronic purchase, merupakan E-Money yang nilainya disimpan dalam sebuah chip yang ditanamkan pada sebuah kartu. Contoh dari prepaid card yaitu FLAZZ BCA, Mandiri E-Money, Brizzi dan BNI Prepaid.

Flazz BCA merupakan contoh pertama kartu prepaid dari penggunaan e-money. Bank BCA adalah bank yang paling awal memanfaatkan kecanggihan teknologi e-money dengan menerbitkan prepaid card berteknologi canggih. Anda bisa menggunakan kartu ini di berbagai merchant yang bekerjasama dengan pihak Bank BCA. Sedangkan Mandiri e-money merupakan prepaid card yang diterbitkan Bank Mandiri, Brizzi diterbitkan oleh bank BRI dan BNI Prepaid diterbitkan oleh Bank BNI. Bahkan perkembangan e-money sudah merambah lembaga non perbankan untuk ikut menerbitkan prepaid card, misalnya saja Telkomsel.

Kelebihan dan kekurangan E-Money

Kelebihan :

  • Anda tidak perlu membawa uang tunai untuk berbelanja atau untuk membayar parkir, dan dapat menggunakannya ditempat yang disediakan alat khusus untuk kartu E-Money tersebut.
  • Transaksi menjadi lebih akurat karena dikelola oleh komputer dan mesin.
  • Anda tidak perlu menunggu uang kembalian karena jumlah nominal akan berkurang sebanyak jumlah uang yang anda perlukan.
  • Terdapat database yang dapat mencatat seluruh transaksi yang anda lakukan sehingga anda tidak perlu untuk mengingat untuk apa uang tersebut digunakan.
  • Transaksi menjadi lebih cepat.

Kekurangan :

  • Rentan untuk diretas atau dihack karena menggunakan sistem elektronik dan internet.
  • Terdapat resiko data hilang karena kesalahan software.
  • Belum semua tempat memiliki alat yang dipergunakan untuk menggunakan digital money tersebut serta belum semua tempat memberlakukan e-money termasuk di merchant.
  • Uang yang anda simpan dalam e-money akan hilang jika anda menghilangkan kartu atau alat yang dipergunakan untuk menyimpan uang tersebut.

Untuk dapat memanfaatkan dan menikmati berbagai kemudahan dan keunggulan yang ada pada e-money salah satu penyedia layananya adalah Deliv melalui aplikasi unggulanya Kios Deliv. Kios Deliv merupakan aplikasi pembayaran tagihan online. Selain itu dalam aplikasi ini memiliki layanan top up DeSaldo. Yang nantinya akan dapat digunakan untuk melakukan pembayaran pada berbagai merchent yang telah bekerja sama dengan Deliv.

Selain untuk melakukan pembayaran secara langsung. Dengan menggunakan Kios Deliv juga dapat melakukan berbagai pembayaran tagihan secara online lainya dan cek tagihan listrik . Pembayaran tagihan online yang dapat dibayarkan melalui aplikasi Kios Deliv yaitu tagihan listrik, pdam, indihome dan masih banyak fitur lainya.

Untuk dapat menikmati layanan dari Deliv, Aplikasi dapat diunduh pada link di bawah ini :

Deliv
download

Kios Deliv
download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *