Perkembangan Game Online

games online

Seiring berkembangnya zaman, teknologi pun juga ikut berkembang salah satunya gadget. Gadget merupakan suatu perangkat atau alat elektronik yang berukuran kecil dimana memiliki fungsi khusus dan praktis dalam penggunaannya. Gadget sendiri juga dapat membantu aktivitas sehari-hari manusia menjadi lebih mudah. Saat ini penggunaan gadget tidak hanya digunakan oleh orang dewasa saja, anak-anak juga ikut merasakan akan penggunaan gadget tersebut. Bahkan hampir seluruh manusia di muka bumi ini memiliki gadget. Ketertarikan pada gadget tidak terlepas dari penggunaannya untuk bisnis maupun untuk berbagai macam hal, seperti hiburan, ataupun untuk menghilangkan rasa bosan dengan bermain game.

Hampir di semua gadget yang dimiliki orang pasti terdapat beberapa game didalamnya, entah itu game online maupun game offline. Game online merupakan game yang harus dimainkan dengan adanya sambungan jaringan. Sedangkan game offline merupakan game yang dapat dimainkan dimanapun dan kapanpun tanpa harus terhubung dengan jaringan internet. Biasanya setelah melakukan banyak aktivitas orang sering merasa lelah ataupun bosan. Karena dengan bermain game dapat menghilangkan rasa bosan dan dapat melepaskan beban pikiran.

Apalagi saat ini industri game sedang mengalami peningkatan yang cukup pesat. Banyak game baru bermunculan dengan mengusung fitur-fitur terbaik yang dapat memudahkan dan memberikan kenyamanan seorang gamer memainkan game-game tersebut. Beberapa developer game juga saling bersaing untuk mengembangkan game mulai dari game yang bersifat online maupun game yang bersifat offline. Dengan begitu game yang dikembangkan tersebut dapat menarik minat dari masyarakat.

Saat ini sudah ada jutaan game yang ada di dunia maya. Mulai dari game yang sangat simpel hingga yang paling kompleks dan juga rumit. Bahkan banyak gamer tidak tanggung-tanggung mempertaruhkan uang virtual untuk membeli aksesoris game berupa barang (item). Adapun cara mudah untuk top up uang virtual yang nantinya digunakan untuk membeli kebutuhan game. Salah satu aplikasi aplikasi pembayaran online yang menyediakan layanan untuk melakukan top up uang virtual yaitu Kios Deliv. Kios Deliv merupakan aplikasi pembayaran tagihan online, selain itu dalam aplikasi kios deliv menyediakan beberapa layanan unggulan seperti top up pulsa, paket data, PPOB, top up game, dan masih banyak lagi. Yang pastinya top up pada aplikasi kios deliv ini sangat aman dan terpercaya.

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN GAME

Perkembangan game online sendiri tidak terlepas dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan komputer saat ini. Membludaknya game online merupakan gambaran dari pesatnya jaringan komputer yang dulunya berskala kecil sampai menjadi internet yang luas dan terus berkembang sampai sekarang. Games Online saat ini tidaklah sama seperti ketika games online diperkenalkan untuk pertama kalinya. Saat pertama kali muncul pada tahun 1960, komputer hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu pada tahun 1970 munculah komputer dengan kemampuan time-sharing dimana pengguna dapat memainkan game tersebut secara bersamaan dan tidak harus berada di suatu ruangan yang sama (Multiplayer Games).

Saat pertama kali muncul kebanyakan game online merupakan game yang bergenre simulasi, entah itu simulasi perang ataupun simulasi pesawat yang dimana pada saat itu bermanfaat untuk kepentingan militer. Kemudian game-game tersebut seiring berjalannya waktu menginspirasi game-game yang lain untuk berkembang. Dilansir dari kompasiana, Puncaknya perkembangan game terjadi pada tahun 2001 dimana demam dotcom menyebarkan beberapa informasi dengan cepat mengenai game online sehingga menyebabkan orang-orang yang hobby bermain game sangat berantusias untuk mencoba game-game apa saja yang dirasa bagus untuk dimainkan.

PERKEMBANGAN GAMES ONLINE DI INDONESIA

Dilansir dari Ligagame Indonesia, game online pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 2001, dimulai dengan masuknya Nexia Online. Game online yang masuk di Indonesia sendiri cukup beragam, mulai dari game yang bergenre action, sport, maupun RPG(role-playing game). Tercatat lebih sudah lebih dari 20 judul game online yang beredar di Indonesia. Ini menunjukan betapa besarnya antusiasme para gamer di Indonesia dan juga besarnya market share games di Indonesia.

Namun pada tahun 2003 ada salah satu game online yang sangat menghebohkan di kalangan game-game yang ada di indonesia. Game tersebut adalah Ragnarok Online atau lebih dikenal dengan nama RO. Game yang dirilis pada bulan mei 2003 ini memang sudah lama dinantikan kedatangannya oleh banyak gamer yang ada di Indonesia, walaupun sudah booming terlebih dahulu di beberapa mancanegara. Antusiasme dari gamer indonesia membuat game ini menjadi game online nomor 1 di indonesia pada waktu itu. Para gamer langsung berlomba-lomba untuk memainkan game ini sampai pernah menyebabkan koneksi internet di indonesia mengalami gangguan yang sangat kacau karena bandwith yang tersedia pada waktu itu belum memadai.

Berikut ini adalah beberapa game-game online lain yang hadir di Indonesia Seperti Warcraft, Counter Strike, Age Of Empire, Need For Speed Series, dan masih banyak lagi. Dari beberapa game tersebut yang saat ini masih sering digunakan yaitu Counter Strike namun counter strike yang masih digunakan saat ini adalah Counter-Strike: Global Offensive (CS: GO) yang merupakan versi terbaru dari counter strike terdahulu dimana versi terbaru tersebut lebih lancar dimainkan, grafik lebih baik, dan lebih nyaman untuk dimainkan walaupun masih ada beberapa player yang sering menggunakan cheat untuk meraih kemenangan.

JENIS-JENIS GAME ONLINE

  • First Person Shooter / FPS

Game ini mengambil perspektif/pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan dari jenis game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan). Contoh dari game ini seperti Counter Strike.

  • Real-Time Strategy / RTS

Merupakan game yang permainannya lebih menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain tidak hanya memainkan 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter dan harus pandai mengatur strategi untuk meraih kemenangan. Contoh dari game ini seperti battle realms.

  • Cross-Platform Online

Game ini dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover yang dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360. Xbox 360 sendiri merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online. Adapun game selain need for speed undercover yaitu final fantasy XIV

  • Role-playing Games / RPG

Game ini merupakan permainan di mana pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk menjalankan sebuah cerita bersama. RPG biasanya lebih mengarah ke kolaborasi sosial daripada kompetisi. Biasanya game RPG, para pemainnya tergabung dalam suatu kelompok. Contoh dari genre permainan ini Ragnarok Online,The Lord of the Rings Online: Shadows of Angmar, Final Fantasy, DotA.

  • Browser Games

Game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE, maupun Chrome. Agar dapat memainkan game browser tersebut, browser yang kita miliki sudah harus mendukung javascript, php, maupun flash.

  • Massively multiplayer online games / MMOG

Untuk game genre ini pemain bermain dalam dunia yang mempunyai skala besar (>100 pemain), di mana setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata. MMOG sendiri muncul seiring dengan perkembangan akses internet broadband di negara-negara maju, sehingga memungkinkan ratusan bahkan hingga ribuan pemain untuk bermain bersama-sama.

  • Simulation games

Game genre ini pemain bertanggung jawab pada sebuah tokoh dan memenuhi kebutuhan tokoh selayaknya kehidupan nyata, namun dalam dunia virtual. Karakter atau tokoh ini memiliki kebutuhan dan kehidupan layaknya manusia, seperti kegiatan bekerja, bersosialisasi, makan, belanja, dll. Biasanya karakter ini hidup dalam sebuah dunia virtual yang dipenuhi oleh karakter-karakter yang dimainkan oleh pemain lainnya. Contoh dari game ini adalah Second Life.

TEKNOLOGI GRAFIS DARI GAME YANG ADA SAAT INI

  • 2 dimensi

Game yang mengadopsi teknologi ini rata-rata game yang termasuk ringan untuk dimainkan di beberapa platform dan tidak membebani system. Akan tetapi game yang memiliki kualitas gambar 2D tidak nyaman untuk dilihat apabila dibandingkan dengan game 3D sehingga rata-rata game online sekarang mengadopsi teknologi 2,5D, dimana karakter atau tokoh yang dimainkan masih berupa 2D akan tetapi lingkungannya sudah mengadopsi 3D.

  • 3 dimensi

Game bertipe 3 dimensi ini merupakan game dengan grafis yang cukup baik dalam penggambaran secara real. Kebanyakan dari game-game ini memiliki perpindahan kamera (angle) hingga 360 derajat sehingga kita bisa menikmati secara keseluruhan dunia games yang kita mainkan tersebut. Akan tetapi game 3D harus memiliki spesifikasi platform yang lumayan tinggi agar tampilan 3 Dimensi game tersebut dapat  ditampilkan secara sempurna.

Untuk dapat menikmati layanan dari Deliv seperti cek tagihan listrik, pembayaran tagihan pln, pembayaran tagihan pdam, pembayaran tagihan indihome dan masih banyak lagi lainya. Aplikasi dapat diunduh pada link di bawah ini :

Deliv
playstore

Kios Deliv
playstore

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *