Masa Pandemi Pembayaran Tagihan Online Menjadi Pilihan Utama

Gambar Tagihan Listrik

Pemerintah membuat kebijakan di masa pandemi adanya PSBB membuat aktivitas di rumah menjadi lebih tinggi. Baik sekolah maupun aktivitas pekerjaan yang dilakukan di rumah secara online selama PSBB. Dengan adanya PSBB membuat sebagian besar petugas PLN tidak dapat untuk melakukan kunjungan ke pelanggan guna mencatat meter pelanggan. Akibatnya pada bulan April dan Mei, PLN melakukan perhitungan rata-rata listrik 3 bulan. 

Penggunaan listrik oleh pelanggan pada masa PSBB di bulan April sudah mengalami kenaikan sementara PLN masih menggunakan tagihan listrik pada bulan sebelum PSBB yang notabene masih normal.  Karena hal tersebut sebagian besar realisasi pemakaian listrik lebih besar daripada yang ditagihkan

Setelah diberlakukannya new normal pada bulan Juni petugas PLN dapat mengunjungi rumah pelanggan dengan mencatat meter pelanggan. Setelah melakukan pencatatan diketahuilah selisih penggunaan listrik oleh pelanggan dengan tagihan PLN pada masa PSBB. akhirnya pihak PLN mengambil kebijakan untuk memasukkan selisih tersebut pada tagihan listrik bulan Juni.

Demi kenyamanan pelanggan petugas PLN memberikan fasilitas cicilan untuk 20% keatas dan PLN juga menyiapkan layanan lapor stand meter secara mandiri melalui aplikasi whatsapp dengan nomor 08122123123 pelaporan pelanggan bisa dilakukan pada tanggal 24-27 setiap bulannya.

Untuk pembayaran listrik atau pembelian token, pihak PLN melalui web resminya  web.pln.co.id menghimbau pelanggan untuk memanfaatkan pembayaran tagihan online.  Pembayaran tagihan online pada masa pandemi menjadi pilihan utama masyarakat. Hal ini karena selain lebih praktis juga meminimalisir kontak fisik dan menerapkan social distancing untuk mematuhi anjuran pemerintah. Sehingga pembayaran dengan cara ini mengurangi penyebaran virus covid-19.

Kios Deliv

Salah satu aplikasi pembayaran online yang dapat digunakan untuk membayar tagihan listrik adalah aplikasi Kios Deliv. Untuk pembayaran tagihan listrik Kios Deliv menyediakan pembayaran prabayar dan pascabayar, selain itu juga ada menu tambahan PLN Non Taglis berguna untuk melakukan pembayaran diluar tagihan listrik, seperti pembayaran sambungan baru, pembayaran ubah daya, pembayaran migrasi, pembayaran pemasangan kembali, dan pembayaran penerangan sementara. Dengan menu tersebut pelanggan lebih dimudahkan untuk melakukan cek tagihan listrik dan transaksi pembayaran listrik PLN.

Kios Deliv dapat diunduh melalui smartphone android pada Google Play Store. Setelah berhasil menginstall pada smartphone daftar terlebih dahulu menggunakan nomor handphone dan email yang dimiliki. Setelah berhasil menginstall dan melakukan pendaftaran dan top up saldo, berikut cara pembayaran tagihan listrik melalui Kios Deliv:

Pembayaran Tagihan Online

Pada tampilan awal aplikasi Kios Deliv seperti diatas ini dan pilih sesuai PLN pascabayar, prabayar, atau non taglis.

  1. Pembayaran tagihan listrik pascabayar
Pembayaran Tagihan Online
Masukkan ID Pelanggan atau scan barcode.

2. Pembayaran tagihan prabayar dan pikih nominal pembayaran yang diinginkan.

Gambar Tagihan Prabayar

3. Pembayaran tagihan non taglis

Gambar non taglis

Pembayaran tagihan online di aplikasi Kios Deliv dapat memudahkan masyarakat dalam berbagai jenis pembayaran salah satunya pembayaran tagihan listrik . Kios Deliv juga membantu kebutuhan sehari-hari dalam satu geng

Untuk dapat menikmati layanan dari Deliv, Aplikasi dapat diunduh pada link di bawah ini :

Deliv
download

Kios Deliv
download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *