Iuran BPJS naik, Masyarakat Panik?

Logo BPJS

Keluarnya Perpres No. 64/2020 terkait penyesuaian iuran peserta BPJS akan berlaku efektif pada 1 Juli. Adanya penyesuaian iuran ini salah satunya agar keuangan BPJS Kesehatan tidak defisit dan mampu memberikan pelayanan yang terbaik.

Dikutip dari liputan6.com besaran iuran JKN-KIS peserta PBPU dan BP/Mandiri untuk bulan Januari, Februari, dan Maret 2020, mengikuti Perpres Nomor 75 Tahun 2019. Yaitu Rp 160.000 untuk kelas I, Rp 110.000 untuk kelas II, Rp 42.000 untuk kelas III. Sementara untuk bulan April, Mei, dan Juni 2020. Besaran iurannya mengikuti Perpres Nomor 82 Tahun 2018, yaitu Rp 80.000 untuk kelas I, Rp 51.000 untuk kelas II, dan Rp 25.500 untuk kelas III.

Per 1 Juli 2020, iuran JKN-KIS bagi peserta PBPU dan BP disesuaikan menjadi Rp 150.000 untuk kelas I, Rp 100.000 untuk kelas II, dan Rp 42.000 untuk kelas III,

Ujar Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma’ruf.

Kabar baiknya dengan kenaikan iuran pada tahun 2020 ini pemerintah juga memberikan bantuan iuran. Khusus bagi peserta PBPU dan mandiri pada kelas III. Untuk kelas ini bisa tetap membayar sebesar Rp25.500 dari yang ditentukan sebesar Rp 42.000. Sementara untuk sisanya sebesar Rp16.500 akan dibayarkan oleh pemerintah sebagai bantuan iuran.

Namun kabar terbaru yang diunggah oleh kompas.com menyebutkan bahwa Pemerintah memutuskan untuk membatalkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan bagi Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Peserta Bukan Pekerja (BP).

Pembayaran tagihan online untuk pembayaran BPJS yang lebih mudah

Langkah awal untuk semakin mempermudah aksesibilitas  masyarakat terhadap pembayaran tagihan BPJS Kesehatan. Peserta JKN-KIS yang menunggak pembayaran iuran dan sudah terlanjur memiliki tunggakan yang cukup besar. BPJS Kesehatan senantiasa mengingatkan peserta yang menunggak untuk membayar iurannya baik secara langsung maupun melalui Kader JKN, telepon, penagihan iuran melalui sms dan surat.

Namun di masa pandemi seperti ini alangkah baiknya masyarakat memanfaatkan aplikasi pembayaran tagihan online dan tetap dirumah saja. Selain lebih memudahkan untuk masyarakat pembayaran tagihan online juga secara tidak langsung dapat membantu pemerintah dalam mengurangi penyebaran virus covid-19.

Pembayaran tagihan online di masa pandemi seperti ini menjadi pilihan yang bijak. Ditambah dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat masyarakat dituntut untuk dapat meningkatkan penggunaan teknologi untuk lebih memudahkan dalam menjalankan kehidupan.

Ada banyak aplikasi pembayaran tagihan online yang sudah tersedia saat ini. Salah satunya adalah Kios Deliv yang dapat diunduh melalui playstore pada smartphone android.

Untuk pembayaran tagihan online BPJS melalui Kios Deliv sangat mudah dan cepat. Setelah mengunduh Kios Deliv, pengguna selanjutnya bisa mendaftar dan melakukan top up saldo yang nantinya akan digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan online iuran BPJS Kesehatan.

Setelah melakukan pendaftaran dan juga top up, pada menu awal Kios Deliv pilih fitur produk tagihan pada layanan BPJS Kesehatan.

pembayaran tagihan online

Setelah masuk ke dalam menu BPJS Kesehatan, ada fitur berupa masukkan ID BPJS Kesehatan atau scan barcode pada kartu BPJS Kesehatan. Hal tersebut untuk memudahkan pelanggan memasukkan ID dan berapa bulan yang akan dibayar.

pembayaran tagihan online

Setelah memasukan id dan jumlah bulan, selanjutnya bisa melakukan cek tagihan dan melakukan pembayaran tagihan online.

Dengan cara seperti ini tentu akan sangat memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran iuran BPJS. Dengan penggunaan aplikasi pembayaran tagihan online ini, pelanggan BPJS juga lebih mudah untuk melakukan pengecekan tagihan. Serta dengan mudah mengetahui jika ada perubahan pada tagihan BPJS.

Pada pembayaran tagihan online seperti Kios Deliv ini juga terdapat berbagai fitur lainya. Salah satunya pembayaran listrik secara online seperti yg telah kita bahas pada artikel sebelumnya. Selain itu masih ada cek tagihan listrik dan berbagai pembayaran tagihan online lainya yang terdapat pada Kios Deliv.

Untuk dapat menikmati layanan dari Deliv, Aplikasi dapat diunduh pada link di bawah ini :

Deliv
download

Kios Deliv
download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *