Instagram Merilis Fitur Baru Bernama “QR Code”

Qr code Instagram

Pada tahun 2018 yang lalu, salah satu media sosial instagram merilis fitur “nametag”. Awalnya fitur ini dirilis di jepang pada tahun 2019, tidak lama kemudian fitur ini dirilis secara global dengan nama baru yaitu QR Code.

Saat ini pengguna instagram di seluruh dunia ini termasuk Indonesia dapat menggunakan fitur bernama QR Code tersebut. Fitur ini berfungsi untuk saling mem-follow akun satu sama lain dengan lebih mudah tanpa harus membuka aplikasi instagram terlebih dahulu. Pastinya fitur ini sangat membantu para pengguna yang malas untuk membuka aplikasi instagram.

Pengguna yang ingin menggunakan fitur ini hanya perlu memindai QR Code. Dimana ketika pengguna telah memindai kode QR tersebut pengguna akan diarahkan ke halaman profil si pemilik akun, dan juga bisa langsung klik follow ataupun ikuti.

Dengan menggunakan metode ini, dapat mempermudah orang yang mengalami kesulitan dalam mencari nama akun instagram. Selain itu juga berguna untuk mempromosikan suatu akun agar mudah dipindai orang lain. Dengan adanya fitur ini sangat membantu para wirausaha untuk mempromosikan barang dagangannya melalui instagram.

Contohnya saja pemilik bisnis, bisa mencetak QR Code tersebut dan membagikannya ke kerabat bisnis yang lain. Tidak hanya itu, pelanggan juga dapat memindai dengan lebih mudah dan mengikuti akun instagram mereka. Selain itu gambar dari QR Code juga bisa dibagikan ke media sosial yang lain seperti WhatsApp, Facebook, dll.

Dikutip dari The Verge, fitur QR Code ini berbeda dengan fitur nametag yang sebelumnya telah dirilis terlebuh dahulu. Dalam fitur QR Code ini dapat dipindai dengan menggunakan kamera instagram dan juga kamera pihak ketiga. Sedangkan fitur nametag hanya bisa dipindai dengan kamera instagram saja.

Fitur ini bisa menjadi salah satu opsi dikala masa pandemi seperti ini. Dengan penggunaan QR Code, beberapa toko maupun restoran dapat berpindah pada opsi menu virtual. Ini akan mengurangi intensitas interaksi antara penjual dan pembeli.

Cara menggunakan fitur QR Code

Dalam fitur QR Code ini dapat ditemukan dengan mudah pada menu profil. Setelah menemukan menu profil klik ikon menu atau biasanya memiliki simbol tiga garis horizontal di pojok kanan atas.

Kemudian pilih “QR Code” yang terletak di antara fitur Your Activity and Saved. Tidak lama kemudian kode unik akan otomatis terbuat.

Tidak hanya itu, pada latar belakang QR Code ini bisa diubah sesuai dengan selera pengguna. Contoh dari latar belakang tersebut yaitu instagram, emoji, selfie, dan masih banyak lagi. Pengguna cukup memilih opsi latar belakang yang diinginkannya melalui opsi yang bisa dipilih di sisi atas.

Fitur ini tidak hanya dimiliki oleh instagram saja akan tetapi fitur ini sebelumnya sudah ada di WhatsApp. Seperti yang sudah diketahui kedua aplikasi ini yaitu Instagram dan Facebook sama-sama di bawah naungan dari Facebook.

Fungsi QR Code yang ada di WhatsApp juga sama. Pengguna WhatsApp dapat membuat kode unik melalui QR Code, kemudian orang yang memindai kode unik tersebut akan langsung diarahkan menuju profil WhatsApp si pemilik QR Code tersebut.

Untuk dapat menggunakan fitur ini pasti membutuhkan suatu jaringan internet. Salah satunya dengan menggunakan paket data ataupun Wifi yang tersedia. Pastikan terlebih dahulu anda memiliki paket data yang mencukupi dan juga tagihan wifi sudah terbayar. Salah satu opsinya dengan menggunakan aplikasi pembayaran tagihan online.

Aplikasi yang menyediakan layanan tersebut yaitu Kios Deliv. Kios Deliv merupakan salah satu layanan unggulan berupa aplikasi pembayaran online yang dihadirkan oleh Deliv. Selain dapat melakukan pembelian paket data dan pulsa. Dengan menggunakan aplikasi Kios Deliv kalian juga dapat  melakukan cek tagihan listrik, pembayaran tagihan pln, tagihan pdam, top up voucher game dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk dapat menikmati layanan dari Deliv, Aplikasi dapat diunduh pada link di bawah ini :

Deliv
playstore

Kios Deliv
playstore

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *