Harga Baru Netflix, Penambahan Pajak Penyebabnya

harga baru netflix

Kabar kurang gembira bagi masyarakat indonesia pengguna layanan video streaming on-demand netflix. Pasalnya pada hari Sabtu 01 Agustus 2020 layanan tersebut telah resmi menetapkan kenaikkan harga langganan baru bagi pengguna yang ada di Indonesia. 

Hal tersebut tidak terlepas dari kebijakan pemerintah yang sudah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 48/PMK.03/2020 yang sudah ditetapkan pada bulan juli yang lalu. Pada kebijakan PMK tersebut disebutkan bahwa produk digital impor dalam bentuk barang tidak terwujud ataupun jasa, dimana layanan streaming online juga termasuk, akan dikenai Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10%.

Dikutip dari KompasTekno, juru bicara Netflix menyampaikan bahwa kenaikan tersebut benar adanya. “Seperti yang telah diinformasikan di media, Pemerintah Indonesia akan mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pada layanan digital. Hal tersebut termasuk layanan Netflix ini, mulai 1 Agustus 2020”. Dengan keluarnya pernyataan resmi tersebut maka Harga layanan streaming on-demand dari Netflix akan mengalami kenaikan harga bagi para pengguna yang ada di Indonesia.

Pihak Netflix juga menambahkan bahwa daftar perubahan harga saat ini sudah diinformasikan kepada semua pelanggan lama maupun pengguna baru.

Daftar Harga Baru Layanan Netflix

Dengan dikeluarkannya pernyataan resmi dari pihak Netflix. Jika mengacu dari kebijakan PMK maka layanan streaming akan mengalami kenaikan harga paket. Setelah dikenai Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10% maka Harga paket akan mengalami kenaikan sebesar Rp 5 ribu sampai Rp 17 ribu 

Harga baru dari layanan Netflix per 1 Agustus 2020 adalah :

  1. Paket Mobile Rp 49.000 menjadi Rp 54.000
  2. Paket Basic Rp 109.000 menjadi Rp 120.000
  3. Paket Standard (HD) Rp 139.000 menjadi Rp 153.000
  4. Paket Premium (Ultra HD/HD) Rp 169.000 menjadi Rp 186.000

Pihak Netflix Indonesia sudah memperbarui daftar harga langganan melalui situs Netflix yang dapat dilihat langsung melalui link ini https://help.netflix.com/en/node/24926/id

Tidak hanya layanan dari Netflix saja yang mengalami kenaikan harga. Kenaikan pajak ini juga berlaku untuk semua produk digital lainnya seperti langganan streaming musik, streaming film, game digital, maupun jasa online yang berasal dari luar negeri.

Dengan begitu penunjukkan Kementerian Keuangan melalui Dirjen Pajak, para penyedia jasa dari luar negeri, penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) luar negeri atau dalam negeri dapat memungut PPN yang sudah ditetapkan tersebut.

Semua peraturan lengkap tentang tata cara pemungutan, penyetoran, dan pelaporan PPN dapat dilihat pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 48/PMK.03/2020 atau bisa diunduh melalui situs pajak.go.id.

Untuk membayar harga baru netflix Anda dapat membeli di aplikasi pembayaran  online pada platform atau akun yang Anda punya. Aplikasi pembayaran online dapat diunduh di playstore secara gratis.

Terdapat aplikasi pembayaran tagihan online yang dapat diunduh secara gratis yaitu Kios Deliv. Kios Deliv memiliki banyak layanan untuk memudahkan dalam melakukan transaksi online. Layanan aplikasi tersebut seperti produk tagihan terdiri dari cek tagihan listrik, pembayaran PLN Pasca Bayar, PLN Pra Bayar, PLN Non Taglis, BPJS Kesehatan, PDAM, dan indihome. Layanan pulsa dan paket data terdiri dari pembayaran pulsa, prabayar, paket data, dan voucher fisik.

Untuk dapat menikmati layanan dari Deliv, Aplikasi dapat diunduh pada link di bawah ini :

Deliv
playstore

Kios Deliv
playstore

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *