BaBe Bantah Isu Mengenai Tuduhan Sensor Berita Konflik di China

Logo BaBe

Salah satu aplikasi pengumpul berita nasional yaitu BaBe (Baca Berita) membantah akan tudingan yang mengatakan bahwa layanan berita yang dihadirkan menyensor berita negatif pemerintah China terkait konflik Laut China Selatan.

Tudingan ini berdasarkan laporan yang menyebutkan bahwa aplikasi agregator konten itu mendapatkan instruksi dari China agar menyensor konten negatif mengenai Laut China Selatan (LCS).

Permasalahan yang terjadi menyebutkan bahwa artikel dengan kata kunci Tiananmen dihilangkan/dihapus dari konten layanan tersebut. Tidak hanya itu aplikasi BaBe tersebut juga dituduh menghilangkan konten yang membahas tentang ketegangan di Laut China Selatan.

Akan tetapi pihak BaBe membantah semua tudingan itu. Pihak BaBe mengatakan bahwa konten yang mereka distribusikan kepada pengguna layanan tersebut sudah sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

Dikutip dari CNNIndonesia.com Jumat (14/8), melalui keterangan resmi dari pihak BaBe mengatakan “Tim lokal mengelola BaBe dan selalu mentaati Hukum yang berlaku di Indonesia. Pada pencarian aplikasi BaBe pun kita dapat membuka banyak artikel dan video yang menunjukkan jenis konten yang dihipotesiskan dihapus oleh kebijakan kami”.

Buktinya saja ketika mencoba mengetik kata kunci Tiananmen, aplikasi tersebut menampilkan sejumlah berita terkait tragedi yang terjadi di Kota Beijing tersebut. Selain itu BaBe juga menampilkan berita terkait ketegangan yang ada di Laut China Selatan.

Penjelasan Pihak BaBe

Pihak BaBe juga menjelaskan lebih lanjut bahwa panduan konten di platformnya, mereka akan mengambil suatu tindakan terhadap unggahan dan berbagi konten yang masuk dalam kategori tertentu.

Kategori yang dimaksud disini adalah konten palsu, konten fitnah, konten hoax, ataupun suatu bentuk kegiatan penyalahgunaan lainnya seperti spam, dll.

Sebelumnya BaBe juga pernah sempat mengganti pedoman moderasi yang mereka gunakan di Indonesia.

Melalui pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh pihak BaBe menyebutkan bahwa “Pedoman ini sudah pernah diganti pada tahun 2019 dan sejak saat itu kami telah membuat dan menyerahkan keputusan moderasi kepada tim lokal agar sesuai dengan pasar yang ada.”

BaBe menyatakan bahwa perubahan kebijakan tersebut dilakukan untuk menyesuaikan dengan pasar Indonesia. Hal tersebut dilakukan karena praktik moderasi dalam pedoman sebelumnya tidak sesuai dengan keinginan pasar lokal di Indonesia.

Pihak BaBe sendiri mengatakan bahwa moderasi konten yang mereka lakukan saat ini sudah sesuai dengan pedoman komunitas dan hukum yang ada di Indonesia. Dengan begitu pedoman yang dipublikasikan di situs aplikasi itu, tidak menyinggung keterlibatan China ataupun pemerintah China.

Aplikasi yang dimiliki oleh ByteDance ini diberitakan akan mendapat perintah dari pemerintah China untuk menghapus konten yang dinilai mengkritisi pemerintah China di BaBe sejak 2018 hingga pertengahan 2020.

Oleh karena itu tim dari Beijing kabarnya memerintahkan para moderator Indonesia untuk menghapus artikel yang dinilai menjelekkan pemerintah China dari aplikasi BaBe.

Cara Menggunakan Aplikasi BaBe

Pengguna setia aplikasi BaBe yang ingin menikmati berita yang disajikan secara up to date itu harus memiliki jaringan internet agar dapat mengakses berita tersebut. Salah satu cara untuk mengakses jaringan internet yaitu dengan cara mengisi paket data ataupun pulsa yang nantinya akan ditukarkan dengan paket data.

Oleh karena itu untuk membeli pulsa atau paket data sendiri dapat dilakukan melalui aplikasi pembayaran online seperti Kios Deliv. Kios Deliv merupakan aplikasi pembayaran tagihan online unggulan dari Deliv yang saat ini sudah dapat diunduh melalui playstore di ponsel android.

Dengan menggunakan aplikasi Kios Deliv dapat melakukan pembelian pulsa prabayar maupun pulsa pascabayar secara mudah dan aman. Kios deliv juga menyediakan berbagai macam jenis pembayaran yang dapat digunakan. Selain pembelian paket data maupun pulsa, di Kios Deliv juga bisa melakukan cek tagihan listrik, pembayaran tagihan pln, tagihan pdam, top up voucher game dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk dapat menikmati layanan dari Deliv, Aplikasi dapat diunduh pada link di bawah ini :

Deliv
playstore

Kios Deliv
playstore

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *